Senin, 08 Agustus 2016

7 Cara Cepat Berbahasa Inggris Dengan Fasih

Bahasa Inggris menjadi sangat penting dalam kehidupan ini, terutama di era globalisasi. Mulai dari nama produk hingga percakapan sehari-hari kiranya sudah lazim menggunakan bahasa Inggris. Jadi, sudah saat bagi anda untuk menguasai sarana percakapan ini dengan baik. Pertanyaan yang sering muncul, bagaimana cara cepat fasih berbicara dalam bahasa Inggris?

7 Cara Cepat Berbahasa Inggris Dengan Fasih
Banyak orang merasa kesulitan untuk bicara dalam bahasa Inggris. Wajar sih, mengingat kita bukan orang bule yang sejak lahir sudah mendengar dan berlatih mengucapkan kata dalam bahasa Inggris.

Tapi tenang saja, ada cara mudah untuk membuat seseorang menjadi pintar bicara dalam bahasa Inggris. Bahkan, anda pun dapat mempraktekkan cara ini meskipun mulai dari nol!

Untuk mahir berbahasa Inggris, anda tidak harus ikut kursus privat maupun les bahasa Inggris. Selain banyak biaya yang harus dikeluarkan, materi les biasanya hanya bersifat teori dan sedikit praktek.


7 Cara Cepat Berbahasa Inggris Dengan Fasih


Banyak pelajar dan mahasiswa mengeluh kesulitan dalam berdialog dalam bahasa Inggris. Kenapa bisa begitu? Mungkin disebabkan oleh guru atau dosen yang membosankan, atau siswa itu sendiri yang pada dasarnya tidak menyukai pelajaran bahasa Inggris. Nah, simak panduan berikut ini supaya anda mahir dan menguasai bahasa Inggris:

1. Ambil kamus English-Indonesia dan pulpen

Vocabulary ibarat tubuh seseorang. Tanpa adanya tubuh, apa yang dapat dilakukan oleh seseorang? Ambil kamus bahasa Inggris, hafalkan 5 kata setiap hari. Anda harus konsisten untuk menghafal. Coret kata-kata yang sudah dihafal dengan baik. Jika anda konsisten, anda akan kaya dengan kosakata yang merupakan alat utama untuk mahir berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

2. Perbanyak bicara menggunakan bahasa Inggris

Untuk pintar bicara dalam bahasa Inggris dengan cepat, jangan hanya menghafal dan menulis tapi harus praktek! Percuma rajin ikut les bahasa Inggris, tapi tidak pernah praktek di rumah.

3. Pahami tenses, jangan dihafalkan

Untuk mahir dalam grammar, anda harus memahami penggunaan tenses dengan baik. Anda dapat melatih kemampuan dalam penggunaan kalimat, dengan banyak menulis di sosmed atau chatting dengan teman menggunakan bahasa Inggris.

4. Baca artikel dalam bahasa Inggris

Cukup 1 artikel berbahasa Inggris saja, yang harus dibaca setiap hari. Terjemahkan setiap kata menggunakan kamus. Tulis terjemahan dari kata yang sulit dengan tulisan kecil di atasnya. Kemudian artikan per kalimat hingga akhir paragraf.

Dengan cara ini akan meningkatkan kemampuan vocabulary anda. Jika anda rajin melakukan latihan ini setiap hari, maka dalam setahun banyak kosa kata yang anda kuasai.

5. Bergaul dengan teman yang mahir berbicara Inggris

Praktek adalah induk dari teori. Aplikasikan teori yang anda pelajari, baik itu tenses maupun vocab ke dalam sebuah percakapan dalam bahasa Inggris. Tirukan logat orang bule saat mereka melafalkan kata-kata.

6. Bermimpi untuk mahir berbahasa Inggris

Segala sesuatu harus dimulai dengan keinginan kuat. Jika anda ingin pintar dan fasih dalam berbahasa Inggris, maka harus punya tekad kuat untuk belajar sampai berhasil. Jangan ada kata menyerah, terus berusahalah! Jika teman anda berhasil, kenapa anda tidak?

7. Berdoa dan pantang menyerah

Belajar bahasa Inggris harus disertai dengan do’a. Belajarlah dengan kesungguhan dan cintai apa yang anda pelajari.

Mungkin itu saja poin penting supaya anda mahir dalam bahasa Inggris. Makin sering anda berlatih speaking in English, makin cepat anda menguasainya. Tinggalkan kebiasaan yang tidak berguna dan sia-sia, gunakan waktu anda untuk belajar dan belajar! Tapi tetap perhatikan situasi dimana anda harus bicara dalam bahasa English, supaya orang lain tidak menganggap anda terlalu kebarat-baratan.

Baca Juga

7 Cara Cepat Berbahasa Inggris Dengan Fasih
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan