Jumat, 26 Agustus 2016

8 Sumber Energi Alternatif Pengganti BBM

Harga BBM saat ini terbilang mahal. Baru saja terjadi penurunan harga minyak dunia, tiba-tiba premium ditarik dari peredaran. Bagaimana tidak kecewa, mengingat bensin merupakan salah satu kebutuhan pokok. Meskipun anda tidak akan mati hanya gara-gara motor kehabisan bensin.

8 Sumber Energi Alternatif Pengganti BBM
BBM dibutuhkan semua kendaraan untuk dapat berjalan. Apa artinya sebuah mobil yang mewah, tanpa adanya minyak di dalam tangkinya? Tentu saja tidak ada mobil maupun sepeda motor yang dapat bergerak tanpa menggunakan bahan bakar. Kecuali dengan mendorong kendaraan tersebut, seperti Mr Bean mungkin, hehe.

Jangan pesimis dulu. Ide brilian sering muncul di saat-saat genting, di mana seseorang merasa terdesak dan harus bertindak sebelum sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada dirinya. Begitu juga dengan sumber energi, sebenarnya tidak harus menggunakan premium, pertalite, pertamax, dan sebagainya.


8 Sumber Energi Alternatif Pengganti BBM


Stok minyak bumi makin menipis, sehingga bahan bakar alternatif seharusnya menggantikan fungsinya. Nah, inilah sumber energi alternatif yang dapat menggantikan minyak bumi sebagai bahan bakar:

1. Gas Alam

CNG (Compressed Natural Gas) disebut juga Bahan Bakar Gas. CNG sering disebut sebagai bahan alternatif pengganti bensin. Dari segi polusi yang timbul akibat pembakarannya, gas alam lebih ramah lingkungan daripada bensin ataupun solar.



Kendalanya pada tingkat keamanan pengguna. Gas alami ini harus disimpan dengan tekanan yang sangat kuat. Tidak boleh menggunakan sembarang tabung, harus dikemas dalam tangki atau tabung yang super berat.

2. Gas Hidrogen



Hidrogen Energi Kimia merupakan konversi gas hidrogen menjadi listrik, sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar pada mobil listrik. Kini, penggunaan bahan bakar hidrogen pada mobil listrik telah direalisasikan. Sumber energi alami ini punya peluang besar untuk menjadi energi alternatif, pengganti BBM.

3. Elpiji

LPG (Liquefied Petroleum Gas) tentunya tidak asing lagi bagi kita. Hampir semua rumah menggunakan elpiji sebagai bahan bakar untuk kompor gas. Bahan bakar ini ternyata juga dapat difungsikan untuk menggerakkan mesin.



Kini, LPG sudah banyak digunakan sebagai energi alternatif untuk menggerakkan mesin pada kendaraan transportasi. Tidak seperti CNG, untuk elpiji tidak membutuhkan tekanan terlalu kuat seperti pada gas alam.

4. Biodiesel



Apakah anda pernah mengkonsumsi minyak nabati? Ternyata, lemak hewan tidak hanya dapat dikonsumsi oleh manusia. Seiiring perkembangan teknologi, minyak alami ini dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Meskipun dapat mengurangi emisi karbondioksida, tapi efeknya adalah stok makanan bagi manusia akan berkurang.

5. Nitrogen cair



Seperti apa mobil di masa depan? Mungkin banyak menggunakan nitrogen cair sebagai bahan bakar. Proses pembentukan energi dengan memanaskan nitrogen cair, sehingga menghasilkan tekanan udara yang mampu menggerakkan mesin pada mobil atau sepeda motor.

6. Air

Air juga punya potensi besar sebagai energi alternatif pengganti minyak bumi. Tentunya jika hal ini terealisasi, maka anda tidak akan menghitung anggaran untuk beli bahan bakar saat akan pergi jauh menggunakan mobil.



Sayangnya ide ini masih dalam penelitian, karena air adalah oksidasi  dari hidrogen. Jadi, harus dipastikan teknologi mutakhir yang benar-benar aman untuk mengurai molekul air menjadi oksigen dan hidrogen sebagai energi alternatif.

7. Sampah Organik




Teknologi otomotif kini banyak menggunakan sampah organik sebagai bahan bakar untuk mesin, atau biasa disebut gasifikasi. Gas sintesis ini telah digunakan pada kendaraan bermotor di sejumlah Negara.

8. Udara

Sumber energi yang tidak akan habis adalah udara. Jika udara dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan motor, maka dapat anda bayangkan harga minyak bumi di seluruh dunia.

Dengan kompresi udara, mesin tidak lagi membutuhkan busi maupun sistem pendingin. Keuntungan yang didapat adalah menekan biaya produksi dan mudahnya perawatan kendaraan. Proyek motor menggunakan tekanan udara telah dikembangkan oleh Tata Motors dari India, yang bekerja sama dengan MDI, sebuah perusahaan di Perancis.

Bagaimana menurutmu tentang 8 sumber energi alternatif di atas? Masihkan menyalahkan melonjaknya harga BBM? Minyak bumi bukanlah satu-satunya bahan bakar yang menjadi andalan bagi semua orang. Saatnya berfikir lebih pintar dan cerdas.

Baca Juga

8 Sumber Energi Alternatif Pengganti BBM
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan