Senin, 29 Agustus 2016

6 Cara Mudah Membuat Alpukat Cepat Matang

Siapa yang tidak kenal dengan buah alpukat? Buahnya yang sudah matang punya tekstur lembut, sangat terasa di lidah. Jus alpukat bukan hanya sekedar minuman yang lezat, tapi sarat dengan manfaat kesehatan. Sayangnya, buah ini biasanya dijual dalam keadaan mentah. Jadi, bagaimana cara membuat alpukat mentah menjadi matang dengan cepat?

6 Cara Mudah Membuat Alpukat Cepat Matang
Nutrisi gizi dalam buah alpukat sangatlah baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Gangguan kesehatan seperti hipertensi dapat diobati dengan mengkonsumsi jus alpukat secara teratur. Dengan rutin minum jus alpukat, akan membuat kulit anda lebih lembut dan cantik.

Nutrisi gizi tersebut dapat diperoleh dari buah alpukat matang. Lagian, buah alpukat yang masih mentah tentunya tidak bisa diblender sebagai jus buah, bukan?

Tenang, ada banyak cara untuk memeram buah alpukat supaya cepat matang. Anda tidak harus menunggu dalam waktu lama, untuk mendapatkan alpukat matang sejak membeli buahnya.


6 Cara Mudah Membuat Alpukat Cepat Matang


Sebagian besar orang merasa tidak sabar untuk menunggu buah alpukat menjadi matang saat disimpan di rumah. Metode yang akan kita bahas sangat aman, karena tidak menggunakan bahan-bahan kimia. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan supaya alpukat cepat matang:

1. Taruh alpukat dekat jendela

Untuk mematangkan buah alpukat dalam 2 hari, cara yang dapat anda lakukan adalah menaruhnya di jendela. Metode pematangan buah ini lebih baik daripada menyimpan alpukat di dapur, tanpa dibungkus dengan kertas.

2. Taruh alpukat dekat dengan buah matang lainnya

Buah alpukat akan mudah matang, jika ditaruh dekat buah lain yang sudah matang. Lebih cepat lagi, jika alpukat dibungkus dulu dengan kantong kertas.

Buah matang melepas gas etilen yang mampu mempercepat matangnya buah di dekatnya. Pastikan alpukat dan buah matang tersebut ditaruh pada suhu kamar.

3. Menutup tangkai buah

Pertama, kupas tangkai buah alpukat kemudian tutup dengan kertas tisu. Lekatkan menggunakan selotip. Simpan buah ini di ruangan gelap selama sekitar 5 hari.





4. Bungkus buah alpukat dengan kantong kertas

Cara ini dapat dilakukan oleh semua orang. Cukup dengan menyimpan alpukat yang telah dimasukkan ke dalam kantong kertas, maka buah ini akan matang dalam tempo sekitar 3 hari saja. Pastikan anda menyimpannya pada suhu kamar.

Jika kantong kertas tidak tersedia, kertas koran juga dapat digunakan sebagai pembungkus buah ini.

5. Ditimbun dalam tepung

Untuk mempercepat proses pematangan alpukat, dapat juga dilakukan dengan menimbun buah ini dalam timbunan tepung. Sebenarnya cara ini berlaku juga untuk membuat buah lain cepat matang, tidak hanya untuk alpukat saja.

6. Letakkan alpukat dalam microwave

Cara paling cepat untuk membuat alpukat cepat matang, dengan menaruh buah ini ke dalam microwave.

Cara ini dapat anda terapkan, jika anda terburu-buru untuk mengkonsumsi buah alpukat. Karena rasa buah ini setelah matang, tidaklah sama dengan rasa aslinya.

Caranya, tusuk setiap sisi alpukat dengan garpu. Lapisi alas microwave dengan tisu, kemudian taruh buah alpukat di atasnya.

Setel microwave pada suhu sedang selama ½ menit. Ambil buahnya, kemudian periksa apakah alpukat sudah terasa lunak. Jika buahnya masih keras, ulangi proses pematangan dengan microwave selama 30 detik.



Jika tekstur buahnya sudah terasa lembut, maka buah sudah siap untuk dikonsumsi. Metode ini dapat anda terapkan, ketika anda ingin menggunakan alpukat matang sebagai campuran minuman atau resep makanan. Jadi, bukan untuk dimakan secara langsung, lho. Tidak masalah untuk dikonsumsi langsung, tapi rasanya kurang segar.


Cara membuat Alpukat Tidak Cepat Matang


Supaya buah alpukat awet mentah, simpan dalam freezer atau lemari es.

Metode ini efektif untuk membuat alpukat tetap mentah selama seminggu atau lebih.

Nah, itulah 6 cara mudah membuat alpukat cepat matang. Untuk mengetahui apakah buah benar-benar matang atau belum, cukup dengan memencet buahnya. Tentu saja teksturnya menjadi lembut. Selain itu, warna daging buahnya agak kekuningan menunjukkan buah ini sudah matang dan siap untuk dikonsumsi.

Baca Juga

6 Cara Mudah Membuat Alpukat Cepat Matang
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan