Senin, 12 September 2016

6 Cara Cepat Mahir Berenang Bagi Pemula

Tidak semua orang mampu berenang dengan baik. Sebagian orang merasa takut saat berada di dekat kolam renang., sebagian lainnya bahkan mengalami phobia dengan kedalaman air. Tapi ada juga orang yang sangat mahir dalam berenang di kolam, sungai, dan laut. Bahkan, mereka mampu melakukannya tanpa banyak belajar. Mungkin anda menyebutnya bakat alami.

6 Cara Cepat Mahir Berenang Bagi Pemula
Bagaimana cara belajar berenang secara otodidak? Syarat pertama, anda harus punya niat dan tekad kuat untuk menjadi perenang yang handal atau setidaknya tidak tenggelam saat nyebur dalam kolam.

Yakinkan diri anda bahwa semua makhluk hidup secara alamiah mampu berenang dengan baik. Kerbau saja tidak akan tenggelam saat kecemplung ke dalam danau. Kucing yang takut dengan air, akan berenang dengan cepat saat kecemplung dalam bak mandi.

Langkah kedua, cari teman untuk diajak berenang bareng. Pergi ke kolam renang sendirian pastinya membuat anda kurang bersemangat. Ajak salah satu teman yang punya hobi berolahraga. Akan lebih baik, jika teman anda mampu berenang tanpa tenggelam. Bukan gaya batu, hahaha..


6 Cara Cepat Mahir Berenang Bagi Pemula


1. Jangan takut terhadap kedalaman air

Tubuh manusia memiliki rongga udara yang menyebabkannya tidak tenggelam saat berada dalam perairan. Yakinlah bahwa tekanan air mengangkat tubuh anda, saat anda tenang tidak panik.

2. Latihan menahan nafas dalam air

Jika anda ingin mahir berenang, maka lakukan latihan di kolam renang yang lebih sangat dalam. Dengan begitu, anda harus mengatur masuk keluarnya nafas dari hidung dan mulut. Dengan cara ini, anda akan serius dalam belajar renang. Resikonya anda akan tenggelam, jika tidak terus bergerak. Pastikan teman anda berjaga-jaga, siap-siap melemparkan pelampung.

3. Latihan mengapung

Supaya tidak tenggelam saat berenang, tahanlah nafas kemudian sentuh dasar lantai kolam renang dengan tangan anda. Biarkan tubuh anda rileks, secara otomatis tubuh anda akan terangkat ke atas akibat tekanan air.

Lakukan cara ini secara berulang. Tarik nafas dalam-dalam, nyebur dalam air kemudian rasakan gaya ke atas yang ditimbulkan oleh kedalaman air. Jika anda berhasil untuk mengambang di permukaan air, maka ini adalah modal utama untuk belajar berenang.

4. Berlatih meluncur di atas permukaan air

Salah satu teknik dasar dalam berenang adalah gerakan meluncur. Mulailah dengan berdiri di tepian kolam, kemudian luncurkan tubuh anda ke dalam air dengan kedua telapak tangan disatukan, mirip saat bersalaman atau seperti lumba-lumba. Mulailah dengan jarak pendek saja. Ulangi latihan ini beberapa kali, sampai anda mampu melakukannya dengan baik.

5. Tiru gaya renang orang lain yang sudah mahir


Anak kecil belajar berenang
Lihat cara pelatih renang saat mengajari murid-muridnya. Dengarkan instruksi pelatih yang ditujukan kepada mereka. Simak baik-baik, apa saja yang disarankan olehnya dan gerakan apa yang dilarang.

Anda dapat melihat para pemula sedang belajar renang. Lihat sampai dimana kemampuan anda dalam berenang. Jika anda belum bisa berenang sama sekali, perhatikan cara pelatih yang mengajari murid baru. Jika anda sudah mampu berenang sejauh lima meter saja, lihat mereka yang punya kemampuan sedikit di atas anda.

6. Jangan bosan

Buang rasa malas jauh-jauh. Jika anda ingin pintar berenang, rajinlah pergi ke kolam renang. Karena di sanalah anda dapat berlatih. Kunjungi kolam renang, dua hari sekali. Jika jarang berlatih, akan membuat anda malas untuk belajar. Dan hasilnya adalah nol!

Nah, itulah 6 cara mahir dalam berenang bagi pemula. Kuncinya secara garis besar ada dua hal, yaitu latihan nafas dan gerakan. Sedangkan untuk sikap, tetaplah bersemangat tanpa menyerah. Jangan berhenti berlatih, sebelum anda benar-benar pandai berenang di kolam atau perairan mana pun. Menarik untuk disimak: 7 Cara Cepat Berbahasa Inggris Dengan Fasih

Baca Juga

6 Cara Cepat Mahir Berenang Bagi Pemula
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

1 komentar:

27 November 2018 pukul 20.12 delete

thank nice infonya sanagt menarik, silahkan kunjungi balik website kami http://bit.ly/2Qv6oOG

Reply
avatar