Minggu, 18 September 2016

4 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Jika anda sering makan di warteg, tentunya tidak asing dengan tumis pare dan ikan teri. Herannya, kenapa pare yang diolah menjadi masakan tersebut tidak pahit? Justru rasanya enak dan menggugah selera makan. Nah, gimana sih cara memasak pare agar tidak pahit? Kali ini saya akan ungkap rahasia untuk menghilangkan rasa pahit dari sayur ini.

Masak pare tidak pahit
Sebelumnya perlu anda tahu, bahwa pare (Momordica charantia) merupakan sayur yang fitonutrien, folat, vitamin C, dan B kompleks. Semua nutrisi ini baik untuk tubuh anda, asal sesuai dengan porsi yang tepat lho. Nah, manfaat pare untuk kesehatan salah satunya sebagai obat diabetes. Pare juga berguna untuk menunda penuaan dini, serta membuat rambut makin indah.

Kembali kepada cara memasak pare yang benar. Ada beberapa trik memasak yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa pahit dari sayur pare. Bahkan, dengan metode ini rasa pahit nyaris tidak ada. Hanya tersisa sedikit getir, tapi justru menimbulkan rasa lezat.


4 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit


Untuk mengolah sayur pare menjadi masakan yang lezat dan tidak terasa pahit, silahkan coba cara berikut ini:

1. Rebus pare menggunakan kuali

Cara tradisional untuk menghilangkan pahitnya pare, salah satunya dengan merebusnya dalam panci yang terbuat dari tanah atau disebut juga kuali. Cara ini sangat efektif untuk meminimalkan rasa pahit dari pare.

2. Hilangkan pahit menggunakan garam

Pertama, belah pare kemudian buang bijinya. Buang juga selaput putih di dalamnya. Potong-potong pare, campur dengan garam dapur. Remas-remas kedua bahan hingga pare menjadi lunak atau lembek. Tunggu selama 15 menit, kemudian cuci dengan air yang mengalir. Selanjutnya, silahkan masak pare sesuai selera anda.

Cara lainnya dengan merebus pare ke dalam air yang dicampur dengan garam. Setelah pare agak lunak, tiriskan air yang digunakan untuk merebusnya.

3. Kurangi rasa pahit menggunakan gula pasir

Caranya sama dengan penggunaan garam. Hanya saja bahan yang digunakan untuk mengurangi pahit dari pare menggunakan gula pasir. Oya, meremas-remas pare bertujuan untuk memudahkan cairan pahit dalam pare dapat keluar.

4. Rebus pare bersama daun jambu biji

Selain menggunakan garam atau gula, anda dapat melenyapkan rasa pahit dari pare menggunakan daun jambu biji. Pertama, remas-remas daun jambu biji. Rebus pare ke dalam air, tambahkan juga daun jambu biji. Setelah air mendidih selama sekitar 5 menit, angkat. Gunakan 10 lembar daun jambu biji, jika anda ingin memasak ½ kg pare.

Bonus: Resep masakan tumis pare

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 250 gram pare
  • 100 gram ikan teri / udang kecil
  • 2 siung bawang merah
  • 1 bawang bombay
  • 1 siung bawang putih (Catatan: semua jenis bawang diiris-iris tipis.)
  • 5 cabe rawit
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 lembar daun salam, serai, dan daun jeruk
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya

Cara memasak yang lezat


  1. Hilangkan rasa pahit dari pare menggunakan salah satu cara di atas.
  2. Nyalakan api kecil, taruh wajan di atasnya.
  3. Tumis semua bawang hingga aromanya harum.
  4. Masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk. Aduk semua bahan, biarkan selama beberapa saat.
  5. Masukkan bahan utama, yaitu pare dan ikan teri, kemudian aduk lagi hingga rata.
  6. Tumis pare hingga layu dan matang.
  7. Tambahkan gula dan garam.
  8. Selesai. Tumis pare yang lezat, siap untuk disajikan.

Nah, itulah cara menghilangkan pahitnya pare. Anda dapat mencoba salah satu cara tersebut. Dengan begitu, anda akan tahu cara mana yang paling efektif untuk melenyapkan rasa pahit dari sayur ini. Mungkin anda belum tahu: 6 Cara Mudah Membuat Alpukat Cepat Matang

Baca Juga

4 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan